Crawls Error 403 pada Tag HTTPS dan Penyelesaiannya

Suatu ketika saya mendapatkan email dari Google terkait hasil crawling pada blog. Terdapat 1 crawls error pada proses proses pencarian tag HTTPS. Berikut ini adalah gambar email dari Google Search dan gambar pada website Search Console Google.

Google Analytics
Google Analytics
Crawls Error
Crawls Error
Crawls Error
Crawls Error

Pemeriksaan Crawls Error

Setelah mendapat informasi tersebut, saya mencoba mengecek sendiri dengan membuka link tersebut. Kemudian didapat hasil seperti pada gambar berikut.

Forbidden 403
Forbidden 403

Penyelesaian Crawls Error

Saya mencoba menduga penyebab dari masalah tersebut, yaitu salah satu plugin di WordPress. Plugin tersebut berfungsi sebagai firewall dan menambahkan script/kode pada file .htaccess. Kemudian, saya mencoba mengakses server via SSH dan mencari kata HTTPS pada file .htaccess dengan menggunakan perintah berikut pada Terminal di Linux.

cat /var/www/blog/.htaccess | grep https -n

Kemudian di dapat hasil seperti pada gambar berikut.

Berdasarkan hasil pencarian di atas, saya mencoba mengubah kode pada baris ke-301 dengan vim pada Terminal di Linux. Penambahan yang dilakukan adalah menambahkan tanda # di sisi paling kiri. Hal ini bertujuan agar kode pada baris ke-301 hanya berfungsi sebagai komentar (tidak dieksekusi).

Setelah pengubahan kode tersebut, saya mencoba untuk memeriksa kembali link yang bermasalah tadi. Kemudian didapat hasil seperti pada gambar berikut.

 

Berdasarkan hasil pencarian di atas, didapat bahwa permasalahan selesai dengan pengubahan kode di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − eight =