Serangan DDOS atau Kesalahan Statistik?

Serangan DDOS atau kesalahan plugin? Ada sedikit keanehan dengan blog ini setetelah sekian lama tidak ditinjau.

Tidak Ada Pengunjung?

Lama tidak membuka blog, kemudian membuka admin panel dan melihat statistik. Sedikit kaget karena biasanya statistiknya relatif statis, naik turun tidak terlalu banyak. Namun, kali ini, mengapa cuma dua hari yang ada pengunjungnya?

DDOS atau Kesalahan Statistik

OH! Ternyata bukan selain hari itu tidak ada pengunjung, melainkan ada keanehan pada dua hari tersebut. Berdasarkan statistik, jumlah hit pada kedua hari tersebut melebih 1700. Mengapa bisa demikian? DDOS kah? Kesalahan plugin statistikkah? Entah. šŸ˜€

Geolocation

Karena penasaran, saya coba mengecek geolocation dari kedua alamat IP tersebut. Ternyata alamat IP tersebut adalah kota Paris (Perancis) dan Izmir (Turki). Apa cuma bot ya? Perlu pengecekan lebih lanjut sih. Tapi mager. HAHA šŸ˜€

Geolocation: Turki

Berikut ini merupakan informasi terkait alamat IP yang didapat melaluiĀ https://www.iplocation.net/. Terdapat 5 sumber data terkait geolocation, yaitu IP2Location, ipinfo.io, EurekAPI, DB-IP, dan MaxMind. Kelimanya menunjukkan bahwa alamat IP tersebut berasal dari negara Turki. Namun, hanya empat sumber yang memberikan informasi nama daerah (region) yang sama, yaitu Izmir. Namun, nama kota yang diberikan berbeda-beda, ada Izmir, Basmane, dan Bornova. Selain itu, koordinat yang diberikan dari berbagai sumber berbeda-beda, tidak ada yang sama.

Berikut ini merupakan gambar lokasi yang didapat menggunakan Google Maps berdasarkan nilai koordinat yang telah didapat sebelumnya.

Latitude 38.4127, Longitude 27.1384

Geolocation: Perancis

Berikut ini merupakan informasi terkait alamat IP yang didapat melaluiĀ https://www.iplocation.net/. Terdapat 5 sumber data terkait geolocation, yaitu IP2Location, ipinfo.io, EurekAPI, DB-IP, dan MaxMind. Kelimanya menunjukkan bahwa alamat IP tersebut berasal dari negara Perancis. Namun, hanya beberapa sumber yang memberikan informasi nama daerah (region) dan kota. Selain itu, koordinat yang diberikan dari berbagai sumber, ada yang sama, ada juga yang beda. Walau begitu, perbedaannya tidak signifikan.

Berikut ini merupakan gambar lokasi yang didapat menggunakan Google Maps berdasarkan nilai koordinat yang telah didapat sebelumnya.

Latitude 48.8534, Longitude 2.3488

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three + seventeen =