Galat Koneksi Database WordPress dan Memori

Tulisan ini berisi penjelasan salah satu penyebab terjadinya galat koneksi database pada blog berbasis WordPress disertai solusinya. Tulisan ini didasari atas fenomena blog yang down karena pengguaan plugin tertentu. Diduga bahwa penyebabnya adalah kapasitas memori yang relatif kecil sehingga aplikasi tertentu tidak dapat terbuka normal.

Galat Koneksi Database

Penulis mencoba membuka sepuluh tab sekaligus pada browser dan mengamati hal yang terjadi. Didapat hasil seperti gambar-gambar berikut.

Pada gambar berikut, delapan tab pertama terbuka dengan normal, namun tab kesembilan dan kesepuluh terdapat tulisan keterangan:

Galat mengadakan koneksi basis data

Galat Mengadakan Koneksi Basis Data

Kemudian, pada tab kesepuluh, tulisan keterangan berbeda dengan yang sebelumnya. Keterangan yang didapat adalah:

Error establishing a database connection

Error Establishing Database Connection

Statistik Penggunaan Memori

Pada waktu yang bersamaan, dilakukan pengamatan terhadap penggunaan memori pada server. Seiring berjalan waktu ketika membuka sepuluh tab, didapat bahwa memori yang tersedia atau free adalah seperti pada gambar berikut.

Statistik Penggunaan Memori

Berdasarkan gambar di atas, didapat bahwa penggunaan memori terbesar adalah mysqld. Oleh karena itu, pesan galat yang muncul adalah database yang tidak dapat diakses.

Solusi

Untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menambah kapasitas memori. Namun, karena permasalahan biaya jika menambah kapasitas memori, terdapat alternatif, yaitu dengan menggunakan swap. Pembahasan pengaturan swap akan dibahas pada tulisan yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + two =