Merge Beberapa Gambar/PDF ke Satu PDF

Merge

Pada tulisan ini akan dijelaskan cara untuk menggabungkan (merge) suatu gambar atau PDF ke dalam satu file PDF. Penggabungan tersebut dilakukan dengan menggunakan Terminal pada Linux. Pada tulisan ini, contoh yang diberikan merupakan penerapan pada Ubuntu 16.04 (64-bit). Contoh penerapan diambil dari askubuntu.com.

Merge Beberapa PDF ke Satu PDF

Pada bagian ini akan dijelaskan cara menggabungkan beberapa file PDF (atau file dengan ekstensi .pdf) ke dalam satu file PDF. Proses penggabungan dilakukan menggunakan command line pada Terminal di Linux.

Command line pada Terminal:

$ pdftk file1.pdf file2.pdf cat output mergedfile.pdf

Merge Beberapa Gambar (JPEG) ke Satu PDF

Pada bagian ini akan dijelaskan cara menggabungkan beberapa file gambar JPEG (atau file dengan ekstensi .jpeg) ke dalam satu file PDF. Proses penggabungan dilakukan menggunakan command line pada Terminal di Linux.

Command line pada Terminal:

$ convert *.jpeg merged.pdf

Merge Beberapa Gambar (PNG) ke Satu PDF

Pada bagian ini akan dijelaskan cara menggabungkan beberapa file gambar PNG (atau file dengan ekstensi .png) ke dalam satu file PDF. Proses penggabungan dilakukan menggunakan command line pada Terminal di Linux.

Command line pada Terminal:

$ convert *.png merged.pdf

Printscreen: Contoh Penggunaan

Berikut ini merupakan gambar (printscreen) dari contoh proses penggabungan beberapa file gambar atau PDF ke dalam satu file PDF menggunakan command line pada Terminal di Linux.

Referensi

  1. http://askubuntu.com/questions/2799/how-to-merge-several-pdf-files
  2. http://askubuntu.com/questions/246647/jpeg-files-to-pdf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − eighteen =