Numbering Judul Bab pada LibreOffice Writer

Hirarki heading dapat dimodifikasi atau dilakukan pengubahan pada format pemberian nama heading. Salah satu pengubahan format tersebut adalah penambahan angka (numbering) atau huruf pada nama bab (chapter). Secara default, paragraf style Heading 1 merupakan bagian teratas dari hirarki, kemudian diikuti dengan Heading 2, Heading 3, Heading 4, dst.

Langkah-langkah

Berikut ini adalah cara memberikan nomor pada Heading 1, Heading 2, dst. di LibreOffice Writer yang kemudian akan terindeks pada Daftar Isi.

  1. Pilih Tools – Outline Numbering pada menu bar di LibreOffice Writer, kemudian klik tab Numbering. Lalu, muncul window seperti pada gambar di subbab Printscreen. Pada window tersebut ada beberapa kotak yang berfungsi mengubah parameter-parameter.
  2. Pada kotak Paragraph Style, pilih heading style yang ingin ditambahkan nomor bab. Heading style merupakan style yang akan digunakan pada tingkatan subbab tertentu. Misalnya, pada Level 1 sebaiknya menggunakan Paragraph Style dengan nama Heading 1, pada Level 2 sebaiknya menggunakan Paragraph Style dengan nama Heading 2, pada Level 3 sebaiknya menggunakan Paragraph Style dengan nama Heading 3,pada Level 3 sebaiknya menggunakan Paragraph Style dengan nama Heading 4, dst.
  3. Pada kotak Number, pilih numbering style yang ingin digunakan, dan kemudian klik OK. Pada bagian ini dilakukan pemilihan jenis angka yang digunakan, bisa berupa angka biasa (1, 2, 3, …), angka romawi besar (I, II, III, …), angka romawi kecil (i, ii, iii, …), alfabet kecil (a, b, c, …), alfabet besar (A, B, C, …), dst.

Printscreen: Outline Numbering

Berikut ini adalah tampilan (printscreen) dari langkah-langkah di atas.

Outline Numbering pada LibreOffice Writer
Outline Numbering pada LibreOffice Writer

Referensi

https://help.libreoffice.org/Writer/Outline_Numbering_1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × three =