Pembahasan UTS EL5111 Tahun 2015-2016 Ganjil

Tulisan ini berisi pembahasan UTS EL5111 Kriptografi dan Aplikasinya tahun 2015-2016 semester ganjil. Namun, BUKAN merupakan jawaban yang RESMI. Penulis TIDAK menjamin bahwa jawabannya 100% benar. Silakan gunakan tulisan ini sebagai referensi pembanding. Jika ada kesalahan ketik atau penjelasan yang keliru, silakan beri tahu melalui komentar atau menghubungi penulis via email [email protected] agar dapat segera dilakukan perbaikan.

Soal

Soal UTS EL5111 Kriptografi Tahun 2015-2016 Semester Ganjil

Pembahasan

Nomor 1

  1. Pembuatan jumlah kunci (yang acak) yang sangat banyak, karena penggunaan kunci hanya boleh digunakan 1 kali.
  2. Distribusi kunci dan pelindungannya. Untuk memastikan kunci yg didistribusikan aman, diperlukan proses pengiriman yg aman pula. Salah satu proses pengiriman tersebut adalah pengiriman via fisik, yaitu pengirim dan penerima bertemu secara fisik untuk mendistribusikan kunci.

Nomor 2

  • Timing attack: penyerangan yang dilakukan dengan memperhatikan durasi proses eksekusi algoritma kriptografi. Perbedaan input menyebabkan perbedaan lamanya eksekusi algoritma yg dilakukan, yang kemudian perbedaan tsb dapat diamati oleh penyerang.
  • BIC: Perubahan suatu bit keluaran (yang disebabkan oleh perubahan suatu bit input) tidak dapat digunakan untuk menebak bit keluran yang lain.

Nomor 3

Jawaban nomor 3

Nomor 4

Inversi pada S-box AES menyebabkan keluaran bersifat non-linear terhadap masukannya. Sifat non-linear ini akan membuat korelasi antara keluaran S-box AES dengan masukannya menjadi rendah. Berbeda dengan AES, korelasi keluaran DES terhadap masukannya disebabkan oleh penggunaan jumlah S-box yang banyak (8 S-box) dan digunakan secara berulang pada tiap ronde DES.

Nomor 5

Random access, yaitu melakukan proses terhadap blok plaintext atau ciphertext ke-i secara acak. Dari kelima mode tersebut, yang memenuhi random access adalah CTR dan ECB, dengan proses enkripsi dan dekripsi seperti pada gambar berikut.

Mode CTR
Mode ECB

Referensi

W. Stallings, Cryptography and Network Security: Principles and Practice, 6th Edition. Pearson Education Inc., 2014.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × three =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.