Pembahasan UTS EL5111 Tahun 2015-2016 Genap

Tulisan ini berisi pembahasan UTS EL5111 Kriptografi dan Aplikasinya tahun 2015-2016 semester genap. Namun, BUKAN merupakan jawaban yang RESMI. Penulis TIDAK menjamin bahwa jawabannya 100% benar. Silakan gunakan tulisan ini sebagai referensi pembanding. Jika ada kesalahan ketik atau penjelasan yang keliru, silakan beri tahu melalui komentar atau menghubungi penulis via email [email protected] agar dapat segera dilakukan perbaikan.

Soal

Soal UTS EL5111 Kriptografi Tahun 2015-2016 Semester Genap

Pembahasan

Nomor 1

Jawaban nomor 1

Nomor 2

  1. Ukuran blok: semakin besar ukuran blok, semakin aman, namun mengurangi kecepatan enkripsi/dekripsi. Keamanan yg lebih baik didapatkan dengan difusi yang baik.
  2. Ukuran kunci: semakin besar kunci, semakin aman, namun mengurangi kecepatan enkripsi/dekripsi. Keamanan yg lebih baik didapatkan dengan ketahanan terhadap serangan brute-force dan confusion yg lebih baik.
  3. Jumlah round: esensi dari Feistel cipher adalah single round menawarkan keamanan yg tidak memadai namun beberapa round menawarkan peningkatan keamanan. Ukuran umum adalah 16 round.
  4. Algoritma pembangkit subkey: kompleksivitas yg lebih baik pada algoritma ini akan menyebakan kesulitan yg lebih besar pada analisis sandi.
  5. Round function F: Kompleksivitas yg lebih baik umumnya berarti memiliki ketahanan yg lebih baik terhadap analisis sandi.

Nomor 3

Jawaban nomor 3

Nomor 4

Gambar ini adalah contoh pengerjaan. BUKAN JAWABANNYA YAA!!!!

Jawaban nomor 4
Jawaban nomor 4 (lanjutan)

Nomor 5

Tidak, karena pembuatan suatu blok cipher pada CBC (kecuali blok cipher pertama) membutuhkan block cipher sebelumnya (chaining). Berikut adalah skema dari CBC.

Jawaban nomor 5

Nomor 6

Mode block cipher yang memiliki sifat error recovey yang mudah untuk dilakukan, tepatnya suatu block cipher hanya dipengaruhi oleh suatu plaintext (tdk dipengaruhi block cipher atau plaintext yg lain). Dengan demikian, jenis mode block cipher yg harus dihindari adalah mode cipher yg memiliki sifat error recovery yg buruk, antara lain CBC dan CFB (skema di bawah).

Mode CBC
Mode CFB

Referensi

W. Stallings, Cryptography and Network Security: Principles and Practice, 6th Edition. Pearson Education Inc., 2014.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.