Definisi Kolam dan Tambak pada Perikanan

Berkaitan dengan penelitian yang sedang saya lakukan, yaitu sistem monitoring kualitas air kolam pada tambak udang, saya ingin membuat catatan mengenai istilah yang sempat membuat saya bingung, yaitu perbedaan antara kolam dan tambak. Pada tulisan ini saya ingin menuliskan perbedaan definisi antara kolam dan tambak. Definisi ini saya kutip dari tulisan yang dibuat oleh Nindiya Nastiti.

Kolam

Kolam merupakan suatu tempat yang sengaja dibuat oleh manusia untuk kegiatan budidaya dengan kapasitas air dan luas yang terbatas. Kolam bisa terbuat dari kolam tanah, kolam semen, kolam beton, kolam terpal, maupun kolam bak fiber. Pembuatan kolam harus memerhatikan lingkungan budidaya, topografi tanah, sumber air, keamanan dari predator, dan luas lahan budidaya. Kolam biasanya menggunakan air tawar yang mempunyai salinitas rendah hingga mencapai salinitas 0 ppm.
Kultivan yang dibudidayakan di kolam : Ikan lele (Clarias sp), Gurame (Osphronemus gouramy), Nila (Oreochromis niloticus), Patin (Pangasius pangasius), Bawal

Tambak

Tambak adalah suatu perairan yang sengaja dibuat sebagai wadah budidaya perairan yang biasanya letaknya di dekat pantai. Tambak biasanya diisi dengan air payau karena sumber air di dekat pantai biasanya cenderung payau. Namun juga ada tambak yang menggunakan air laut/berada tepat di tepi laut.
Kultivan yang dibudidayakan di tambak : Ikan Bandeng (Chanos chanos), Udang Windu (Penaeus monodon), Udang Vanname (Penaeus vanname), Ikan Nila (Oreochromis niloticus), Kepiting Bakau (Scylla serrata)

Perbedaan Definisi Kolam dan Tambak

Berdasarkan pemaparan dua definisi di atas, dapat dilihat bahwa kedua definisi tersebut memiliki makna yang mirip. Namun begitu, jika dilihat lebih detail, pembeda pada kedua definisi tersebut adalah air yang digunakan. Pada istilah kolam, air yang digunakan adalah air tawar, sedangkan pada istilah tambak, air yang digunakan adalah air payau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 1 =