Permainan Anak Kecil? Seriusan? Kok Susah?!

Permainan anak kecil? :/

Anjare… Hari ini gw kacau banget!

Permainan

Tadi siang pas pelajaran bahasa Jepang, gw dikasih permainan gitu sama guru gw. Permainannya kayak gini…

1
1 1
1 2
1 1 2 1
1 3 2 1

Terus, disuruh nebak baris selanjutnya. Gw bingung setengah mati. Gimana caranya? Yang bikin gw makin bingung, katanya anak kecil yang baru belajar ngitung aja bisa. Gila ga tuh? Masa gw dikalahin sama anak kecil? Yah, jelas gw penasaran banget. Gw ga mau kalah sama anak kecil lah.

Gw mikir terus.. Mikir.. Mikir..

Ada yang Bisa Jawab!

Tiba-tiba… Ada temen gw yang nyoba jawab dan jawabannya bener.

Wahh! (gw dan temen-temen sekelas kaget banget)

Kok bisa yah? Cuma dia satu-satunya yang bisa jawab. Gw makin penasaran sampe jam pelajaran selesei.

Pulang Sekolah

Pas pulangnya, gw makin penasaran. Gw buka hape, buka Opera Mini buat nyari di Google.

Damn!

Ga ada, bro! Gw jadi stress. Di perjalanan, gw mikir terus di mobil. Gw sampe buka binder sambil ngotak-ngatik tuh soal. Tapi ga ketemu-ketemu.

Argh!

Di Rumah

Singkat cerita, gw nyampe rumah… Gw langsung mikirin yang tadi lagi. Gimana caranya? Akhirnya gw putus asa, sampe-sampe perut gw mules. Yah gw langsung ke belakang deh.

Tiba-tiba… Ada ilham dateng.

Jawabannya…

Yes! Gw dapet jawabannya! Hhahahaha…

Ternyata sangat amat mudah! Ga butuh operasi matematika yang rumit! Gw kiraian kayak segitiga Pascal, Fibonacci, terus ada yang ditambah, kurang, kali, bagi, pangkat, dll.

Mau tau jawabannya?

Jadi gini… Angka di dibelakangnya itu nerangin jumlah angka yang ada di baris sebelumnya.

1
1 1 (artinya, angka 1 di barisan sebelumnya ada 1)
1 2 (artinya, angka 1 di barisan sebelumnya ada 2)
1 1 2 1 (artinya, angka 1 di barisan sebelumnya ada 1, angka 2 ada 1)
1 3 2 1 (artinya, angka 1 di barisan sebelumnya ada 3, angka 2 ada 1)
1 2 2 1 3 1 (artinya, angka 1 di barisan sebelumnya ada 2, angka 2 ada 1, angka 3 ada 1)
dst.

Kesimpulannya, jangan mikir yang aneh-aneh atau yang rumit. Berpikirlah sederhana. Hhehehe…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − sixteen =