Teka-teki: Kompilasi Februari 2009

Kali ini gw bikin kompilasi teka-teki yang udah pernah gw baca selama bulan Februari 2009.

Teka-teki

4 Liter Air

Pada suatu hari, ada seorang anak bernama Budi. Dia disuruh oleh orang tuanya untuk mengambil air dari sungai dengan menggunakan dua ember. Masing-masing ember berkapasitas 3 liter dan 5 liter. Orang tuanya menginginkan agar Budi mengambil hanya 4 liter untuk suatu keperluan, tidak boleh kurang atau lebih.

Bagaimanakah caranya agar Budi dapat melaksanakan tugas yang diberikan oleh orang tuanya dengan baik?

Menyeberangi Sungai

Ada seorang pengembara yang membawa sayuran, seekor domba, dan serigala. Mereka semua harus menyeberangi sungai dengan menggunakan perahu yang hanya berkapasitas 2 objek (misal domba dan serigala). Diketahui bahwa serigala sangat menyukai domba sebagai santapannya, tetapi sayuran tidak. Sedangkan domba sangat menyukai sayuran sebagai santapannya.

Bagaimanakah cara si pengembara agar dapat membawa sayuran, domba, dan serigala ke seberang sungai?

Penghuni Apartemen

Ada seorang pria bernama Andy. Dia tinggal di sebuah apartemen lantai 100. Biasanya dia menggunakan lift untuk mencapai lantai 100. Tetapi dia memiliki keanehan, yaitu dia hanya bisa ke lantai 100 dengan lift hanya ketika sedang hujan atau ada orang di dalam lift. Apabila tidak sedang hujan atau tidak ada orang di dalam lift, maka dia harus turun di lantai sekitar 50-60, lalu melanjutkan dengan menggunakan tangga.

Mengapa demikian?

Pergi ke Bandara

Ada tiga pasang suami istri. Mereka semua hendak menghadiri sebuah konferensi di luar negeri. Mereka berangkat dengan menggunakan pesawat terbang, sehingga mereka harus pergi ke bandara dahulu. Transportasi yang tersedia untuk ke bandara hanya sebuah motor. Ketika hendak pergi ke bandara, terjadi sebuah masalah kecil, yaitu para suami merupakan pencemburu sehingga tidak bisa membiarkan istrinya dengan laki-laki lain.

Bagaimanakah caranya agar mereka semua dapat menghadiri konferensi tersebut?

Satu Babak Pertandingan

Di sebuah sekolah menengah, mengadakan suatu acara yang berisi banyak tantangan. Salah satunya adalah menebak lamanya masa. Dari sekian banyaknya peserta, hanya ada beberapa orang yang berhasil. Jadi, mereka dikurung di sebuah ruangan tanpa peralatan yang berhubungan dengan penunjuk waktu (telepon genggam, jam tangan, jam dinding, dll.) dan harus keluar dalam waktu satu babak pertandingan sepak bola. Mereka hanya disediakan dua batang kayu dan korek api. Mereka diberitahu bahwa apabila kayu dibakar akan habis dalam waktu satu jam.

Bagaimanakah cara mereka berhasil?

Tiga Lampu

Pada suatu hari, ada seorang petugas PLN yang ingin mengecek saklar dan lampu yang saling berhubungan. Jadi, ada tiga saklar di lantai pertama dan tiga lampu di lantai kedua. Petugas tersebut dapat mengetahui saklar dan lampu yang saling berhubungan hanya dengan satu kali naik ke lantai kedua.

Bagaimanakah caranya?

Sekian.. 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × two =